Para Miliuner Dunia Paling Karim

Menjadi miliuner dunia bukan berarti acuh tak acuh terhadap masyarakat dan lingkungan sosial. Justru, dengan menjadi miliuner akan membuat seseorang menjadi lebih menghargai hidup dan berkontribusi terhadapnya. Seperti yang dilakukan 10 miliuner dunia ini. Di antara mereka bahkan sampai membuat yayasan sosial agar membuat dunia menjadi lebih baik. Siapa sajakah mereka? Berikut 10 miliuner yang paling karim di dunia.

  1. Larry Page

larry pageKetika Anda membuka laman browser Anda untuk mencari suatu bahasan, kemungkinan besar Anda menggunakan jasa mesin pencari Google bukan? Jika iya, Larry Page adalah orang yang merintis mesin pencari tersebut. Walaupun Google membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di planet ini, Page tetap membuka keran donasinya untuk yayasan sosial Carl Victor Page Memorial. Tercatat, Page mengeluarkan Rp. 2,2 Triliun dari saldonya untuk yayasan tersebut.

  1. Sergey Brin
www.forbes.com

www.forbes.com

Larry Page tidak sendirian dalam membuat mensin pencari paling banyak digunakam dewasa ini, yaitu Google, melainkan dia bersama seorang karibnya yang bernama Sergey Brin. Sama seperti Larry, Sergey pun ikut mendonasikan sejumlah uangnya untuk kebutuhan sosial. Sebanyak Rp. 4,8 triliun tercurah untuk yayasan yang ia dirikan, Brin Wojicki.

  1. Pierre Omdyar
wikipedia.org

wikipedia.org

Pasti Anda telah mendengar situs e-commerce eBay. Ya, orang yang berjasa dalam membentuk perusahaan ini adalah Pierre Omdyar. Pierre pun juga menjabat sebagai CEO di perusahaannya sendiri. Rp. 2,29 triliun telah keluar dari dompetnya untuk keperluan demokrasi, penelitian, dan kemanusiaan.

  1. Steve Ballmer
wikipedia.org

wikipedia.org

Steve Ballmer adalah salah seorang yang pernah memimpin perusahaan raksasa Microsoft. Ballmer menyisihkan sebanyak Rp 1,39 triliun rupiah untuk beasiswa di Universitas Oregon dan Universitas Harvard.

  1. Irwin Jacobs
http://www.forbes.com/

http://www.forbes.com/

Jika Anda adalah pemerhati teknologi, pasti Anda tahu dengan prosesor berkualitas merek Qualcomm. Adalah Irwin Jacobs sang pendiri Qualcomm. Pendiri prosesor yang mungkin dipakai di smartphone Anda telah merelakan Rp 1,2 Triliun untuk yayasan sosial yang didirikannya bersama istrinya. Selain itu, sumbangan tersebut juga untuk kepentingan penelitian teknologi.

  1. Sean Parker
wikipedia.org

wikipedia.org

Menjadi salah satu orang yang memimpin Facebook dan pendiri Napster, tak membuat Sean Parker buat sosial. Hal ini dibuktikan kala ia mendirikan yayasan sosial yang ia namakan Sean N. Parker Foundation. Ia mencurahkan Rp. 7 Triliun untuk yayasannya tersebut.

  1. Paul Allen
http://www.forbes.com/

http://www.forbes.com/

Jika Anda ingin berterima kasih kepada Bill Gates atas Windows yang Anda gunakan saat ini, jangan lupa juga terhadap jasa Paul Allen, ya, dialah yang membantu Gates dalam membuat Microsoft. Allen mendonasikan uangnya sebanyak Rp 3,7 triliun bagi yayasan sosial yang ia dirikan.

  1. Bill Gates

bilgates in bostonBill Gates adalah seorang miliuner filantropis. Tak hanya berkutat pada teknologi, ia juga turut berkontribusi untuk dunia yang lebih baik. Bill n Melinda Gates Foundation adalah yayasan yang ia dirikan bersama sang istri, Melinda Gates. Terhitung, sebanyak Rp 19 triliun dibukukan oleh yayasannya tersebut atas sumbangan dari sang pendiri.

  1. Jan Koum

http://www.forbes.com/

Apakah aplikasi messaging Whatsapp terinstal di smartphone Anda? Kebebasan pulsa Anda karena aplikasi Whatsapp adalah berkat kerja keras Jan Koum, yang merupakan pendirinya. Jan turut berpartisipasi untuk membuat dunia semakin lebih baik dengan menyumbang ke yayasan Silicon Valley sebanyak Rp 90 Triliun.

  1. Nicholas Woodman
http://www.forbes.com/

http://www.forbes.com/

Tentu Anda tahu kamera action untuk memanjat gunung dengan ditempelkan di kepala, atau mengendarai motor dengan kamera kecil di helm si pengendara. Jika ya, itu adalah camera dengan merek GoPro. Adalah Nicholas Woodman, orang yang berjasa dalam mendirikan kamera action tersebut. Woodman menyumbang Rp 6,3 triliun untuk yayasan Silicon Valley.

  1. John Morgridge
http://www.forbes.com/

http://www.forbes.com/

Peduli terhadap pendidikan dengan menyumbang Rp 1,29 Triliun bagi sekolah dan universitas di Winconsin, adalah John Morgridge. John merupakan direktur Cisco yang memiliki kekayaan sebanyak Rp 15,2 triliun.

  1. Marc Benioff
http://www.forbes.com/

http://www.forbes.com/

Marc adalah seoeang yang peduli terhadap pendidikan dan kesehatan mental anak. Dia telah mendonasikan Rp 40 triliun terhadap kedua hal tersebut. Mungkin Anda belum terlalu mengenal Benioff. Marc adalah CEO perusahaan bernama Salesforce.

Itulah 12 orang kaya raya di dunia yang bukan hanya berjasa dalam perkembangan teknologi, tapi juga untuk membuat dunia menjadi lebih baik dengan menyumbang ke atau membuat yayasan sosial. Hal ini membuktikan bahwa para miliuner tidak buta sosial untuk menimbun pundi-pundi emas untuknya seorang, namun untuk kemaslahatan manusia.

Kalian juga bisa seperti mereka dengan berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dari investasi jangka pendek yang merupakan cara cepat dapat uang halal lalu mulainya menyumbang hasil dari pendapatan yang kalian punya.